Jumat, 12 Desember 2014

analisis silabus rekayasa audio



               
KETERKAITAN SKL, KI, DAN KD
MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO
KELAS XI
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Kompetensi Inti (KI)
Kelas XI
Kompetensi Dasar (KD)
Analisis
Dimensi
Kualifikasi Kemampuan
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.      Meyakini bahwa semua ilmu yang dipelajari pada Perekayasaan Sistem Audio sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai dan pasti mendatangkan kemanfaatan bagi manusia

KD 1.1 Meyakini (A3) merupakan gradasi dari menghayati  (A4) dan mengamalkan (A5)




2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas pembelajaran.

2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.

2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas pembelajaran.

2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

KD 2.1 Disiplin melakukan merupakan gradasi  dari mengamalkan (A5)
.
KD 2.2 Bertanggung-jawab merupakan gradasi  dari menghayati (A4) dan mengamalkan (A5),.



KD 2.3 Menghargai  (A3)merupakan gradasi  dari menghayati (A4) dan mengamalkan.(A5)

KD 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama merupakan gradasi  dari mengamalkan (A5)

KD 2.5 Toleransi dan mau berbagi merupakan gradasi  dari menerima(A1)  dan menjalankan (A2)

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab, serta dampak fenomena dan kejadian.
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 Memahami gelombang suara dan sistem akustik ruangan.
KD  3.1 Memahami merupakan gradasi  C2 yaitu memahami, yang merupakan kemampuan mengonstruksi makna merupakan gradasi faktual, sesuai dengan tuntutan KI-3.
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1  Mengukur gelombang suara dan dimensi sistem akustik ruang
KD  4.1 Mengukur merupakan gradasi  dari mengolah/ menalar dalam ranah konkrit, sesuai dengan tuntutan KI-4.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar