KETERKAITAN SKL, KI, DAN KD
MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM
AUDIO
KELAS XI
Standar Kompetensi
Lulusan (SKL)
|
Kompetensi Inti (KI)
Kelas XI
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Analisis
|
|
Dimensi
|
Kualifikasi Kemampuan
|
|||
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1.
Meyakini bahwa semua ilmu yang
dipelajari pada Perekayasaan Sistem Audio sebagai anugrah Tuhan yang tidak
ternilai dan pasti mendatangkan kemanfaatan bagi manusia
|
KD 1.1 Meyakini (A3) merupakan gradasi dari menghayati (A4) dan mengamalkan (A5)
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas pembelajaran.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri,
orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas pembelajaran.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan
kesempatan.
|
KD 2.1 Disiplin melakukan merupakan gradasi dari mengamalkan (A5)
.
KD 2.2 Bertanggung-jawab merupakan gradasi dari menghayati (A4) dan mengamalkan (A5),.
KD 2.3 Menghargai (A3)merupakan gradasi dari menghayati (A4) dan mengamalkan.(A5)
KD 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama merupakan gradasi dari mengamalkan (A5)
KD 2.5 Toleransi
dan mau berbagi merupakan gradasi dari menerima(A1) dan menjalankan (A2)
|
||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab, serta dampak fenomena dan kejadian.
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Memahami gelombang suara dan sistem akustik ruangan.
|
KD 3.1 Memahami
merupakan
gradasi C2 yaitu memahami, yang merupakan kemampuan mengonstruksi
makna merupakan gradasi faktual, sesuai dengan tuntutan KI-3.
|
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak
yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Mengukur gelombang suara dan dimensi sistem akustik ruang
|
KD 4.1 Mengukur merupakan
gradasi dari mengolah/ menalar dalam ranah konkrit, sesuai dengan tuntutan KI-4.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar